Berbagi Seputar Blogging, Wapsite, Tips dan Trik, CSS dan Templates Wapsite/Blogspot, Dan lain-lain

Motivasi Menulis

Tips Menulis Artikel Blog Enak Dibaca Versi Niatnulis

Tips Menulis Artikel Blog Enak Dibaca Versi Niatnulis

Bagaimana sih cara menulis artikel agar enak dibaca ? mungkin ini menjadi pertanyaan bagi sebagian kalangan blogger pemula. Yang terpenting dalam setiap artikel blog ialah tampilan teks harus mudah dipahami oleh pembaca, Enak dilihat, dan yang pastinya engga bosenin.

Gunakanlah bahasa indonesia yang baik dan benar sesuai Kamus besar bahasa indonesia. Hal ini dapat membantu para pembaca agar dapat lebih mudah memahami isi dari artikel anda.

Dan gunakanlah alinea yang pendek, idealnya satu alinea cukup 5 baris saja. Karena alinea yang pendek lebih enak dipandang dibandingkan alinea yang terlalu panjang.

Cobalah untuk berinteraksi dengan pembaca anda, gunakan kalimat pertanyaan dan gunakan panggilan "anda, kamu, kita" agar para pembaca anda merasa seperti diajak ngobrol langsung oleh anda.

Terlepas dari 3 tips diatas, anda juga bisa menerapkan beberapa cara format penulisan dibawah ini yang akan memaksimalkan kualitas tulisan anda.


1. Rata Kiri

Menulis diblog tidak sama halnya dengan menulis pada koran ataupun sebuah buku, anda tidak perlu menggunakan Rata Kiri-Karan (Justify). 

Bagian kanan biarkan saja acak-acakan hal ini justru mempermudah pembaca anda untuk menemukan ujung kalimat/kata dan awal kalimat/kata berikutnya dalam satu baris.

2. Tidak Perlu Indent

Apa itu indent ? yaitu lekuk-lekuk dalam setiap awalan alinea. Indent hanya akan merusak kerapian artikel anda. contoh indent :

Tips Menulis Artikel Blog Enak Dibaca Versi Niatnulis

Coba anda bandingkan artikel tanpa indent berikut:

Jadi lebih enak yang mana untuk dibaca ?


3. Jangan ALL CAPSLOCK pada Judul Postingan.

Banyak blogger pemula dan beberapa media online yang meng-kapitalkan judul postingannya, entah apa maksud dan tujuannya yang jelas mereka mungkin belum mengetahui etika menulis di media online.

Tahukah kamu kalau kata/kalimat yang ditulis dengan huruf kapital semua itu berarti berteriak atau meneriaki dan tentu hal tersebut tidak sopan.

Alasan lain dilarang menggunakan huruf kapital secara penuh ke judul postingan dikarenakan akan sulit untuk dibaca alias tidak user friendly.

Dan mungkin itu saja dari kami mengenai Tips Menulis Artikel Blog Enak Dibaca Versi Niatnulis. semoga dapat bermanfaat untuk anda dan tentunya dapat meningkatkan kualitas pada setiap tulisan anda. Terimakasih
Labels: Blogging, Tips dan Trik

Thanks for reading Tips Menulis Artikel Blog Enak Dibaca Versi Niatnulis. Please share...!

0 Komentar untuk "Tips Menulis Artikel Blog Enak Dibaca Versi Niatnulis"

Ada yang ingin anda sampaikan ?

Back To Top